Tana Tidung

Klaim Kecelakaan di Jasa Raharja Tergolong Kecil

Foto: Ilustrasi/ Internet

TANA TIDUNG, Koran Kaltara – Total klaim asuransi korban kecelakaan dari Kabupaten Tana Tidung (KTT) kepada Kantor Jasa Raharja tergolong kecil pada tahun 2019. Demikian dikonfirmasi Penanggung jawab Kantor Jasa Raharja Bulungan, Erry Hanindya, Kamis (13/2/2020).

Kendati belum bisa memberikan data pasti terkait jumlah korban kecelakaan dan nominal santunan yang diberikan, Erry menjelaskan bahwa kategori klaim asuransi rendah setidaknya dipengaruhi oleh dua faktor. Pertama, murni karena hampir sama sekali tidak ada kecelakaan yang terjadi. Kedua, korban kecelakaan lebih memilih untuk menyelesaikan secara kekeluargaan. Sehingga tidak ada Laporan Polisi yang keluar sebagai dasar utama pemberian santunan.

“Antara itu faktornya yang menyebabkan jumlah klaim yang masuk ke kami dari KTT ini tergolong kecil,” imbuh Erry.

Khusus terkait faktor latarbelakang korban kecelakaan enggan melapor, Erry mengimbau agar hal tersebut tidak diikuti atau bahkan menjadi suatu budaya yang wajar. Disampaikan Erry, masyarakat harus memahami bahwa pada dasarnya ada hak mereka yang didapatkan saat mengalami musibah di jalanan.

“Kepada masyarakat, ketika terjadi kecelakaan, langsung lapor ke kepolisian. Kemudian ikuti prosesnya. Sehingga polisi juga bisa segera melaporkan ke kita. Laporan polisi itu yang menjadi dasar kita memberi santunan. Kita saat ini juga sudah bekerjasama dengan pihak rumah sakit. Sehingga bagi korban, bisa kita langsung jaminkan ke rumah sakit. Jadi korban tidak perlu lagi mengeluarkan biaya,” ujar Erry melanjutkan. (*)

Reporter: Agung Riyanto
Editor: Nurul Lamunsari