Malinau

Kemendagri Beri Bimtek Ratusan PPK dan PPTK

BIMTEK : Ratusan PPK dan PPTK  mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) langsung dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri. (foto: Sulaiman/Koran Kaltara)
  • Sekda Minta Kepala OPD Transparan Atur Anggaran

 MALINAU, Koran Kaltara Ratusan Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Tenis kegiatan (PPTK) di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, di Ruang Tebenggang, Kamis (13/2/2020).

“Bimtek ini untuk memberikan penguatan kapasitas PPK dan PPTK di masing-masing OPD,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Malinau Dr Ernes Silvanus kepada Koran Kaltara, Kamis (13/2) pagi.

Menurut Ernes, Bimtek dilaksanakan selama 2 hari. Tujuannya, agar PPK dan PPTK lebih memahami dan menguasai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakanya. Terutama untuk pelaksanaan anggaran tahun 2020.

“Paling tidak,  mereka mampu mengendalikan kegiatan secara tepat,” ujarnya.

Dia berharap PPK dan PPTK mengetahui aturan dan ketentuan yang berlaku. “Disamping itu, seluruh kegiatan bisa berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, bahwa kegiatan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rakordal pada awal tahun 2019.  “Dalam kurun waktu 3-4 tahun ini,  kita memperhatikan kelemahan itu. Makanya, Bimtek ini berguna untuk meningkatkan kapasitas mereka,” jelasnya.

Dia meminta seluruh Kepala OPD lebih terbuka dan transparan dalam mengatur anggaran.

“Misalnya, kegiatan apa harus ditunjukkan dan dikerjakan sesuai visi daerah. Begitu juga PPK dan PPTK mesti berani dan bekerja maksimal, karena akhir dari semua kegiatan itu adalah tanggungjawab kita masing-masing,” pungkasnya. (*)

Reporter: Sulaiman
Editor: Sobirin