Bulungan

Kawasan Tambak Berpotensi jadi Tempat Transaksi Narkoba

TRANSAKSI di TAMBAK : Para kurir sabu yang diamankan kepolisian setelah bertransaksi diarea tambak Pulau Tias, Tanjung Palas Tengah. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Polisi Menduga Sabu Disembunyikan di Dalam Tanah

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara Kapolres Bulungan AKBP Yudhistira Midyahwan melalui Kasat Reskoba AKP Maulana Aryo Bimo mengungkapkan, kawasan tambak di wilayah Kabupaten Bulungan, kerap dijadikan sebagai lokasi transaksi narkoba jenis sabu.

Hal tersebut, terbukti dengan pengungkapan pemilik narkotika jenis sabu-sabu seberat 381,31 gram dari tiga orang tersangka, berinisial JU (18), HA (26) dan AR (35) di area tambak Pulau Tias, Tanjung Palas Tengah, Bulungan .

“Kalau indikasi kita, memang banyak di area tambak. Karena mungkin tempatnya sepi dan jauh dijangkau dari aparat keamanan,” katanya kepada Koran Kaltara, Senin (27/1/2020).

Maulana mengungkapkan, hampir rata-rata barang bukti sabu diarea tambak, didapatkan dari Tawau, Malaysia. Untuk mengelabui petugas, para kurir ini menanam atau mengendapkan sabu tersebut ke dalam tanah tambak. Sehingga sulit terlihat, ketika aparat kepolisian melakukan pengungkapan.

“Kalau berdasarkan informasi yang kita dapat pelaku, banyak sabunya itu diendapkan didalam tanah tambak. Tapi ada juga beberapa, yang disimpannya di pondok-pondok tambak itu,” jelasnya.

Bahkan, lanjut Maulana, para kurir yang mendapatkan sabu dari Tawau kerap menjadikan wilayah tambak sebagai tempat transaksi dengan para kurir yang ada di wilayah hukum Polres Bulungan. Untuk target pasaran sendiri, para kurir yang biasanya bertransaksi di tambak ini menjadikan Tanjung Selor sebagai target pasar. “Tapi ada juga beberapa yang dipasarkan keluar Tanjung Selor ini. Jadi, kembali pemesannya lagi. Kalau memang pemesannya dari Tarakan, biasanya langsung dibawa ke Tarakan. Tapi rata-rata memang, Tanjung Selor ini jadi target pasarannya,” ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan, pihaknya terus berkomitmen lebih pada pencegahan bahaya narkoba yang terjadi di Kabupaten Bulungan ini. Terkait pengungkapan adanya transaksi sabu di daerah tambak, pihaknya juga akan terus meningkatan patroli. Tidak hanya di daerah wilayah perkotaan, melainkan juga di area tambak. Terlebih lagi, narkotika ini memang merupakan kejahatan yang menjadi atensi Polri dan pemerintah.

“Ini harus ada sinergitas antar seluruh komponen. Ini juga menjadi atensi dari Polri mengenai kejahatan narkoba ini. Karena kejahatan narkoba, bisa merusak generasi muda kita,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ramlan
Editor : Eddy Nugroho