Headline

Kapolri Dijadwalkan ke Kaltara 18 Juli

Kapolda Kaltara, Brigjen Indrajit saat diwawancarai awak media. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)
  • Masih Kurang, Kapolda Akan Sampaikan Penambahan Personel

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Kapolri Jenderal Tito Karnavian direncanakan akan mengunjungi Kaltara pada 18 Juli mendatang. Jika kunjungannya terwujud, itu artinya orang nomor satu di Korps Bhayangkara ini mendatangi Tanjung Selor untuk kali kedua. Sebelumnya, Tito datang pada Desember 2017 untuk meninjau persiapan Mapolda.

Rencana kunjungan Kapolri ke Kaltara, memang sudah dijadwalkan sejak Januari 2019 lalu. Hanya saja, agenda itu terpaksa dibatalkan lantaran kesibukan Kapolri yang tidak bisa ditinggalkan. Kapolda Kaltara, Brigjen Indrajit mengatakan, kunjungan Kapolri kali ini dalam rangka meresmikan Markas Polda (Mapolda) Kaltara di Kilometer 9 Tanjung Selor.

Selain itu, Kapolri juga sekaligus meresmikan Sekolah Polisi Negara (SPN) Malinau, RS Bhayangkara serta gedung Bhayangkari. “Kalau SPN nanti, memang akan diresmikan. Tapi, itu belum bisa dioperasikan. Nanti beliau (Kapolri) juga akan melihat perkembangan pembangunan Mapolda Kaltara sekaligus meresmikan,” kata Indrajit.

Kapolda mengungkapkan, kunjungan Kapolri nanti juga akan dimanfaatkan untuk mengusulkan beberapa hal yang dianggap penting untuk Polda Kaltara. Terutama untuk kebutuhan personel yang masih kurang. Ia mengungkapkan, Polda Kaltara yang merupakan Polda baru, hingga saat ini hanya memiliki jumlah personel sebanyak 800 orang. Dalam kunjungan Kapolri nanti, sudah menjadi protap setiap kunjungan pimpinan akan dipersiapkan secara matang operasional maupun personel.

“Pasti ada usulan yang akan kita sampaikan nanti, mana-mana yang perlu di perhatikan terhadap Polda Kaltara ini. Terutama untuk kebutuhan jumlah personel kita. Tapi yang jelas, kita harus siap dalam menyambut setiap kunjungan pimpinan,” jelasnya.

Seperti diketahui, Mapolda Kaltara merupakan bangunan hibah dari Pemkab Bulungan yang awalnya diperuntukan untuk kantor DPRD Bulungan. Kantor tersebut belum sempat ditempati oleh para anggota legislatif Bulungan. Setelah dihibahkan, pembangunan terus dilanjutkan. Bahkan, untuk finishing pembangunan itu, Polda Kaltara mendapatkan dukungan anggaran sebesar Rp40 miliyar dari Pemprov Kaltara. Polda Kaltara sendiri terbentuk pada tanggal 9 Januari 2018 melalui Surat Keputusan Kapolri Nomor Kep/12/I/2018. (*)

Reporter : Ramlan

Editor : Nurul Lamunsari