Hukum Kriminal

Jangan “Mengundang” Aksi Kriminal!

Kasat Reskrim Polres Bulungan, AKP Gede Adi Prasetia Sasmita
  • Tindak Kejahatan di Musim Mudik Mengintai

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Memasuki musim mudik lebaran 2019, polisi antisipasi tindak kejahatan yang kerap terjadi. Seperti halnya tindak kejahatan penjambretan, penipuan, hiptnotis, hingga pembiusan kerap terjadi di setiap musim mudik.

Kapolres Bulungan, AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kasat Reskrim, AKP Gede Prasetia Adi Sasmita meminta seluruh masyarakat untuk memastikan rumah mereka dalam keadaan aman saat ditinggal.

“Sekarang itu, aksi kejahatan sudah dimulai. Karena, mengambil kesempatan rumah yang ditinggali pemiliknya untuk mudik. Makanya, kami minta, perhatikan semua dulu rumah sebelum pergi mudik. Semua harus dipastikan aman, saat tinggalkan rumah, yang tidak perlu bisa dimatikan,” katanya, kepada Koran Kaltara, Senin (27/5/2019).

Tidak hanya itu, warga diminta untuk selalu melakukan koordinasi dengan petugas setempat untuk membantu menjaga rumah mereka. Saat akan berangkat, warga juga diminta untuk memeriksa kembali kendaraan yang mereka gunakan. “Kalau bisa, setiap rumah itu dipasangkan CCTV. Biar pada saat ada kriminal terjadi, kita bisa ungkap dengan mudah,” jelas dia.

Kendati demikian, dia tetap meminta agar warga yang hendak mudik dan meninggalkan kediaman di wilayah hukum Polres Bulungan tetap mengambil langkah antisipasi seperti menitipkan barang-barang berharga di tempat aman. Selain itu, guna menghindari hal lain yang tidak diinginkan, seperti potensi kebakaran, para pemudik diminta memastikan bahwa kompor dan peralatan listrik telah dimatikan sebelum berangkat.

“Pasti nanti itu, banyak sekali rumah yang ditinggal oleh pemiliknya. Makanya ini yang harus diantisipasi oleh warga sendiri. Kalau bisa, titik-titik yang dianggap rawan itu, diberikan penerangan. Supaya, pelaku kriminal ini kan bisa merasa takut ketika memang ada penerangnya,” ungkap dia.

Lebih jauh dijelaskannya, demi menjaga kondusifitas pada saat lebaran nanti, tentu masyarakat yang melakukan mudik untuk tidak mengundang tindakan kriminal terjadi. “Sekarang itu juga, banyak jambret yang sedang merajalela. Makanya, semua harus hati-hati pada saat mudik nanti,” pungkasnya. (*)

Reporter : Ramlan

Editor : Hariadi