Politik

Irwan Sabri Melamar jadi Cawagub di Penjaringan PKS

Perwakilan dari Iwan Sabri saat mengambil formulir pendaftaran di sekretariat penjaringan DPD PKS Kaltara, Kamis (20/2/2020). (Foto : Sahida/Koran Kaltara)

TARAKAN, Koran Kaltara – Perwakilan Irwan Sabri, politisi Partai Demokrat mendaftar di penjaringan calon kepala daerah Kaltara DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kaltara. Tim Irwan Sabri mendatangi sekretariat penjaringan di Kantor DPD PKS Tarakan, Kamis (20/2/2020) untuk melamar sebagai Calon Wakil Gubernur Kaltara.

Sebelumnya, Irwan Sabri santer diisukan bakal maju sebagai cawagub dari calon petahana, Irianto Lambrie. Belum ada penjelasan resmi dari partainya maupun Irianto, terkait rencana keduanya berpasangan.

Rico Ardiansyah, salah satu tim pemenangan Irwan Sabri yang datang untuk mengambil formulir pendaftaran saat dikonfirmasi mengaku pada saat penyerahan berkas nanti, Irwan Sabri akan datang sendiri ke PKS.

“Pendaftaran ini baru bisa kita lakukan, karena beliau (Irwan Sabri) masih melihat situasi politik di Kaltara. Selain itu, kami juga masih melakukan komunikasi dengan siapa nanti bergandengan di Pilkada 2020 ini. Saat ini, beliau masih menjalankan tugasnya di DPRD Nunukan. Tapi, kalau soal berpasangan dengan Irianto, hanya isu dan belum ada keputusannya,” ujarnya.

Sementara, Ketua DPD PKS Tarakan, Mulkan Ahda menuturkan, Irwan Sabri merupakan orang pertama yang mendaftar sebagai bakal Cawagub Kaltara ke PKS.

“Tadi hanya pengambilan formulir saja yang diwakili timnya. Kalau sebelumnya sudah ada tiga kandidat yang melamar sebagai bakal calon Gubernur Kaltara,” ungkapnya.

Mempertimbangkan aspirasi masyarakat ke para kandidat, Mulkan mengaku PKS akan membuka penjaringan hingga KPU Kaltara membuka pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara.

Dia pun memastikan, sebelum pendaftaran bakal calon dibuka KPU Kaltara, maka penjaringan di PKS akan terus berlangsung dan tidak dibatasi waktu.

Disinggung masalah ketiga bakal calon Gubernur Kaltara yang telah melakukan pendaftaran lebih dulu, Mulkan menyebutkan, ketiganya sudah mengembalikan formulir penjaringan. Hanya saja, untuk masalah prosesnya dan keputusannya nanti ada pada DPP.

“Berkasnya sudah diserahkan ke DPP dan tengah dilakukan komunikasi secara intens. Kapan rekomendasinya keluar, nanti kalau bakal calon yang mendaftar di PKS sudah ada pasangan,” tuturnya.

Terkait permintaan dukungan Irwan Sabri ke PKS ini, Sekretaris DPD Partai Demokrat Kaltara, Muddain menolak memberikan komentarnya.

“Langsung ke Ketua DPD saja, Pak Yansen, karena prosedur di internal kami seperti itu harus satu pintu untuk memberikan statement,” kata Muddain, saat dihubungi via telepon selulernya, kemarin. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Didik Eri Sukianto