Politik

Hari Ini, Bawaslu Kembali Tertibkan APK yang Melanggar Aturan

Ketua Bawaslu Kaltara Siti Nuhriyati bersama Komisioner KPU Kaltara Chairullizza saat menertibkan salah satu APK pada Senin (24/12/2018). (Foto: Fathu Rizqil Mufid)
TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara telah melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) yang pemasangannya tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan KPU, pada hari Senin (24/12/2018). Beberapa APK yang dipasang di luar ketentuan KPU, seperti di pohon, sekolah, pagar, rumah ibadah dan perumahan aparatur sipil negara (ASN) hingga di kendaraan umum,…

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kaltara telah melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) yang pemasangannya tidak sesuai aturan yang telah ditetapkan KPU, pada hari Senin (24/12/2018).

Beberapa APK yang dipasang di luar ketentuan KPU, seperti di pohon, sekolah, pagar, rumah ibadah dan perumahan aparatur sipil negara (ASN) hingga di kendaraan umum, dicopot oleh penyelenggara bersama tim dari instansi lainnya.

Disebutkan Ketua Bawaslu Siti Nuhriyati, penertiban APK bakal dilanjutkan lagi pada Rabu (26/12/2018) hari ini. Sebab masih ada beberapa lokasi yang belum disisir pada penertiban sebelumnya.

Siti mengakui, jumlah APK yang ditertibkan belum dihitung karena penertiban masih berlanjut. “Kemarin (Senin) masih masa cuti bersama. Pada 25 Desember merupakan perayaan Natal, jadi kita lanjutkan setelahnya,” ucapnya.

Dalam penertiban tersebut, Bawaslu juga melibatkan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kaltara, Polda Kaltara dan Dinas Perhubungan (Dishub). Penertiban dibagi menjadi dua tim. Tim pertama menertibkan APK di wilayah perkotaan. Sementara tim satu lagi jalur penertiban di Jelarai dan Selimau.

“Untuk APK yang kita bongkar karena tak sesuai tempatnya. Termasuk yang tak ada izin dari pemilik tempat, untuk memasang APK,” jelas

Saat penertiban, Bawaslu masih menemukan APK terpasang di pagar. Seperti yang terdapat di pagar depan Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor. Pemasangan APK di area itu dilarang, sesuai SK KPU Bulungan. Sehingga caleg yang maju menjadi DPRD Bulungan, tak diperbolehkan memasang APK.

Akan tetapi, SK KPU Kaltara membolehkan pemasangan APK di area tersebut, khusus bagi caleg DPRD Kaltara. “Jadi kesimpulannya, kita tertibkan saja APK dari caleg DPRD Bulungan. Tapi bila melihat lokasinya, tak ada tempat untuk tancapkan kayu APK. Jadi kita bolehkan pasang di pagar,” urainya.

Termasuk penertiban di rumah warga yang tanpa izin memasang APK. Terkecuali, pemilik rumah tidak keberatan ketika dipasang APK.

Tak hanya menertibkan APK bukan pada tempatnya. Bahkan angkutan umum yang memasang stiker calon legislatif (csleg) pun tak luput dalam penertiban tersebut.

Menurut Siti, tidak diperbolehkan memasang stiker caleg pada kendaraan berplat kuning atau angkutan umum. Namun, apabila stiker terpasang di kendaraan pribadi, maka dibiarkan.

“APK yang ditertibkan disimpan di kantor Bawaslu Kaltara. Para caleg yang ditertibkan APK-nya bisa mengambilnya, sesuai prosedur. Kita juga berikan peringatan agar tak terulang lagi, pasang APK bukan pada tempatnya,” tuntasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Hariadi

Artikel ini juga terbit di versi cetak Koran Kaltara edisi 26 Desember 2018