Politik

Gerindra Usung Kader Sendiri untuk Kaltara 1

Fajar Ngewa
  • La Tinro Latunrung Diunggulkan Jadi Kandidat Calon Gubernur

TARAKAN, Koran Kaltara – Dewan Penasehat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerinda Sulawesi Selatan, La Tinro Latunrung menjadi kandidat terkuat bakal calon yang akan diusung oleh partai pimpinan Prabowo Subianto tersebut. Meskipun demikian, belum ada keputusan resmi dari yang bersangkutan untuk ikut berkompetisi di Kalimantan Utara.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Gerindra Kaltara, Fajar Ngewa mengatakan bahwa La Tinro Latunrung sudah melakukan silaturahmi dengan para tokoh dan pengurus partai di Kaltara, untuk melakukan pemetaan dan mengetahui keinginan masyarakat sosok pemimpin yang diinginkan.

“Cuma sekarang untuk menjadi bakal calon dari sebuah kontestasi, khususnya Pilgub Kaltara ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan memiliki perahu atau partai politik pengusung. Saat ini kita yang ada di barisan La Tinro Latunrung fokus melakukan koordinasi dengan partai lain, selain itu juga fokus mempertimbangkan dengan matang untuk pengambilan keputusan,” terangnya, Senin (2/12/2019).

Sehingga sosok yang saat ini menjadi anggota DPR RI tersebut masih belum terlalu sering muncul ke publik, jika sudah memiliki keyakinan menang dengan berbagai pertimbangan yang matang, akan dilakukan gerakan-gerakan sekaligus mengikuti proses di KPU.

“Sekarang beliau adalah kader Gerindra, dengan adanya kebijakan di internal kita. Maka seluruh wilayah pemenangan termasuk di Kaltara dapat mengusung kadernya, apalagi Gerindra Kaltara memiliki 5 kursi tinggal mencari 2 kursi, masak tidak bisa mendapatkan 2 kursi dari 30 kursi yang ada. Makanya kita dorong La Tinro Latunrung untuk kita dorong karena saat ini yang memiliki potensi adalah beliau, kalau Ketua DPD Gerindra Kaltara, Ibnu Saud baru berpotensi menjadi wakil tetapi tetapi jika La Tinro Latunrung tidak jadi maju,” bebernya.

Dari beberapa partai politik yang melakukan penjaringan, yang bersangkutan baru mendaftar di 2 parpol. Di antaranya Partai Amanat  Nasional (PAN) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Untuk di Gerindra tidak perlu mendaftar karena akan mengusung kader terbaiknya.

“Kita juga membutuhkan figur yang layak, tetapi di luar dari Gerindra, bisa dari tokoh masyarakat, parpol maupun pengusaha. Tetapi alternaf kita adalah Ibnu Saud ,cuma dirinya jika maju hanya untuk posisi wakil, tetapi kalau yang maju pak La Tinro Latunrung beliau akan menjadi calon Gubernur Kaltara,” pungkas Fajar. (*)

Reporter : Sofyan Ali Mustofa

Editor : Hariadi