Bulungan

Evaluasi Tahunan, Peran DP3AP2KB Disorot

RAKOR – Bupati Bulungan Sudjati, memberi arahan dalam rakor dan raker, DP3AP2KB Bulungan, Selasa (10/9/2019). (Foto : Nurjannah/ Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara –  Sebagai sarana pengembangan dan evaluasi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Bulungan, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan sekaligus rapat kerja tahunan.

Meski sudah cukup baik, dalam Rakor yang digelar di Kantor Bupati Bulungan ini, keberadaan dan peran DP3AP2KB Bulungan tetap menjadi sorotan. Dengan tujuan agar terus melakukan perbaikan dan peningkatan dalam kinerja.

“Sebagai mitra pemerintah daerah, rakor dan rapat ini kita harapkan bisa menjadi ajang evaluasi peningkatan kapasitas pelaksanaan program di Bulungan. Dengan ini tentu, juga diharapkan dapat memantapkan sinergitas dan dukungan dan komitmen pengelolaan program, dalam upaya mewujudkan kualitas hidup manusia khususnya di Bulungan,” ujar Bupati Bulungan Sudjati, saat membuk kegiatan itu.

Selain pembinaan keluarga, DP3AP2KB juga diingatkan  dalam hal pengendalian penduduk. Adanya rakor diharapkan bisa menghasilkan program kerja yang strategis guna membangun Bulungan lebih baik.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Bulungan Hj Aryani Arsyad menjelaskan, kualitas program yang ada, baik program keluarga berencana maupun pemberdayan perempuan dan perlindungan anak, menjadi hal yang utama. Pasalnya sasaran pembangunan hingga saat ini adalah keluarga.

“Kalau keluarga tidak benar, maka sasaran pembangunan kita salah, hasilnya kurang greget. Makanya itu juga terus ditingkatkan apalagi, target pembanguanan pek presiden kita nanti adalah pembangunan SDM. Nah, tentu peningkatan SDM perlu kita lakukan lagi,” jelasnya.

Menurutnya, peningkatan SDM dimulai dari keluarga, sebagai unit terkecil dari masyarakat. Dan itu harus berkualitas, dan itu ditentukan dari bagaimana layanan-layanan pemerintah didalam memberikan kontribusinya, baik layanan pendidikan, kesehatan dan lainnya.

“Sehingga dengan begitu, orang tua di Bulungan itu hebat, karena memiliki pengetahuan dan bisa menjadi role model (panutan) dalam keluaraganya sendiri. Dan tentunya anak-anak yang ada dalam keluarga tidak terjaring oleh para predator yang ada diluar,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait pengendalian penduduk, pihaknya masih terus mengupayakan perogram KB, sejauh ini dinilai sudah cukup baik. Namun masih perlu ditingkatkan. (*)

Reporter : Nurjanah
Editor : Eddy Nugroho