Politik

Empat Orang Lamar PDIP

Foto: Ilustrasi/Internet
  • Posisi Cawabup Bulungan Masih Kosong

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Bulungan telah memberikan formulir pendaftaran kepada empat orang yang ingin bertarung di Pilkada Bulungan 2020 dengan dukungan partai banteng bermoncong putih ini.

Berdasarkan informasi yang diterima Koran Kaltara hingga Selasa sore (10/9/2019), keempat orang tersebut adalah Joko Susilo, Sigit Muryono, Syaiful Herman dan dr. Idewan Budi Santoso.

Sekretaris DPC PDIP Bulungan, H. Maskur menyampaikan, formulir pendaftaran yang diserahkan harus dikembalikan paling lambat tanggal 20 September hingga pukul 00.00 Wita. Ketika pengembalian melebihi batas waktu, otomatis akan langsung didiskualifikasi.

“Kalau sudah tanggal 21, otomatis langsung didiskualifikasi. Berkasnya tidak akan kami kirimkan ke DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dan DPP (Dewan Pimpinan Pusat),” kata Maskur kepada awak media.

Terkait syarat minimum kesiapan finansial peserta yang hendak diusung, Maskur menjelaskan memang menjadi salah satu bagian yang harus diisi peserta sesuai kemampuannya.

“Salah satu yang harus dipenuhi memang kemampuan finansial. Atau kemampuan untuk biaya kampanye pencalonan dalam bentuk uang cash (tunai). Tapi itu nanti di soal lanjut ketika dipanggil DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Kalau di sini hanya membuat pernyataan saja,” ulas Maskur.

Hingga kemarin sore, Maskur menjelaskan bahwa sebenarnya kuota minimum pendaftar untuk calon bupati sudah terpenuhi. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan apabila ada masyarakat lain yang akan mendaftar. Adapun untuk posisi calon wakil bupati (cawabup), belum ada masyarakat atau kader partai yang melamar.

“Posisi yang hendak didaftarkan keempat orang tersebut adalah calon bupati. Wakil belum ada satupun. Setidaknya paling sedikit ada dua lah untuk cawabup,” jelasnya.(*)

Reporter : Agung Riyanto

Editor : Hariadi