Kopi Pagi

Eksis dengan Konten Lokal

Agus Wiyanto

Catatan Ulang Tahun Koran Kaltara ke 5

Oleh : Agus Wiyanto (Manajer Bisnis)

MEDIA cetak dengan fisik koran masih menjadi sarana penyampai informasi yang bertahan kendati saluran pemberitaan sudah sangat mudah ditemui di berbagai platform media sosial.

Surat kabar tetap memiliki pasarnya sendiri terutama di skala daerah, sehingga keberadaan koran belum sepenuhnya akan bergeser.

Hal ini berangkat dari kecenderungan pembaca koran lokal yang lebih haus informasi soal perkembangan di daerah dengan ruang lingkup yang lebih kecil.

Kendati demikian managemen perusahaan media terutama yang basisnya lokal tanpa afiliasi dengan perusahaan cetak nasional harus tetap cermat dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Ini penting demi mempertahan citra dan tetap eksis mempertahankan pangsa.

Koran Kaltara saat ini masih menjadi salah satu media lokal yang konsisten dengan besutan khas konten berita daerah dengan porsi lebih besar. Ini yang tidak dipungkiri membuat media kami punya ciri khas dan beda dari segi penyajian.

Sejauh ini kebijakan manajemen redaksional membuat Koran Kaltara sukses meramu konten-konten berita yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan penguatan isu lokal dalam pembangunan Provinsi Kalimantan Utara.

Rubrik yang disajikan masing-masing punya ketegasan konten yang variatif tanpa menghilangkan entitas sebagai koran lokal.

Penyajian dalam setiap isu senantiasa berusaha bersanding, alih-alih terus menyorot setiap kebijakan pemerintah daerah.

Kami selalu berusaha hadir sebagai kontrol sosial yang mengutamakan adanya berita-berita yang berisi masukan, tawaran solusi dan tetap mengutamakan bahasa santun yang mengedepankan kode etik jurnalistik.

Berusaha menjadi media dengan paradigma yang lebih condong meramu aktivitas jurnalistik lokal yang lebih edukatif.

Di usia lima tahun Koran Kaltara, bisa dibilang tidak mudah namun tidak berarti kendala untuk bisa sampai pada pencapaian tersebut.

Media yang murni dikelola secara mandiri tanpa campur tangan perusahaan media nasional, hari ini sudah di fase puncak usia emas jika diibaratkan dengan tumbuh kembang manusia.

Usia lima tahun yang berarti media kami harus siap menghadapi setiap laju tantangan, bukan hanya dalam persoalan manajemen, namun juga tahun-tahun yang penuh dengan perubahan terutama dari segi kebiasaan masyarakat dalam penerimaan informasi.

Salah satu pencapaian nyata menandai usia lima tahun Koran Kaltara adalah dengan hadirnya sarana akses pemberitaan yang lebih mudah melalui portal berita online.

Mungkin beberapa perusahaan media menganggap ini langkah yang terlambat, namun bagi kami hal tersebut bukanlah poin paling penting untuk dikejar.

Masing-masing media tentu ingin menonjolkan cirinya dan kami tidak harus selalu sama.

Keberadaan portal online ini membantu para pembaca setia kami yang ingin mendapatkan berita-berita yang realtime atau dapat langsung dibaca, di samping berita koran yang kami tetap sajikan keesokan harinya.

Besar harapan kami bahwa setiap inovasi yang diramu dapat diterima dengan baik dan tetap punya tempat dihati masyarakat serta pembaca setia di Provinsi Kalimantan Utara. Ulang tahun kali ini kami memilih untuk lebih dekat kepada para pembaca setia dan masyarakat dengan mengusung berbagai kegiatan berbagi.

Selain sebagai ungkapan syukur juga rasa terimakasih karena masih bisa diberi kepercayaan hingga tahun ke lima sebagai referensi informasi berbasis konten lokal.

Semoga spirit informatif, edukatif, inspiratif yang kami usung di ulang tahun kali ini bisa terus menjadi panji dalam mengawal kerja-kerja pemerintah menyukseskan pembangunan Provinsi Kaltara untuk sejajar dengan kota maju lainnya.

Akhir kata, terimakasih sekali lagi untuk kepercayaan pembaca. Semoga kami terus konsisten memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. (*)

About the author

Koran Kaltara

Add Comment

Click here to post a comment