Hukum Kriminal

Dua Kali Masuk Penjara, Aco Kembali Mencuri

Foto: Ilustrasi/Internet

TARAKAN, Koran Kaltara – Residivis kasus pencurian, AP alias Aco baru saja menyelesaikan masa hukumannya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tarakan, akhir tahun lalu. Namun, meski baru bebas, Aco kembali beraksi dan mencuri dua unit laptop serta satu unit HP di area Jalan Mulawarman, Kelurahan Karang Anyar, Tarakan.

“Kita tangkap dan sangkakan lagi dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian,” ujar Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja Arthadira melalui Kanit Resum Ipda Dien F Romadhoni, Sabtu (9/2/2020).

Aco diamankan Kamis (6/2/2020) sekira pukul 23.00 Wita. Polisi juga sedang mengembangkan dugaan pencurian di lokasi lainnya, karena ada beberapa barang elektronik yang diduga merupakan barang hasil curian di rumahnya.

“Kebanyakan barang elektronik ini belum dijualnya. Dia (Aco) ini baru melakukan aksi beberapa hari, baru kita amankan,” katanya.

Dalam perkara sebelumnya, Aco divonis melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Modusnya, Aco membobol jendela di rumah korbannya.

Setelah menjadi narapidana dan bebas, Aco kembali melakukan aksinya karena mengaku terdesak kebutuhan hidup dan tidak memiliki pekerjaan.

“Baru keluar sekitar sebulan lebih untuk perkaranya yang terakhirnya. Tapi, pernah juga dia dipenjara karena kasus pasal 363 KUHP untuk pencurian di lokasi pertambakan,” bebernya.

Dua kali masuk penjara, ternyata tidak membuat Aco jera dan biasanya Aco beraksi tidak sendiri. Tetapi, bersama rekannya, namun polisi masih melakukan pengembangan, siapa saja rekan kerja Aco ini. “Pengakuannya sendiri, untuk itu masih kita kembangkan,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida
Editor: Didik Eri Sukianto