Ekonomi Bisnis

Dua Daerah Ini Berpotensi Ekspor Ikan

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kehidupan masyarakat di Kampung Antal Desa Salimbatu kecamatan Tanjung Palas Tengah dan Desa Tana Kuning Kecamatan Tanjung Palas Timur mayoritas berprofesi nelayan. Hasil laut yang berlimpah dijual bahkan hingga ke negara tetangga seperti Malaysia.

Menanggapi hal tersebut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan Syarwani mengatakan, hal ini harus diperhatikan terutama oleh Dinas Perikanan. Sebab menurutnya daerah tersebut memiliki potensi hasil laut yang baik dan harus diseriusi oleh pemerintah.

“Walaupun kita harus memenuhi persyaratan sampai ke negara lain ya tentu tetap harus ada pemenuhan persyaratan yang harus kita lalui bahwa di dalam lingkungan Kampung Antal dan juga desa Tanah Kuning itu ada potensi itu yang seharusnya kita maksimalkan,” ucapnya, Kamis (11/7/2019).

Selain Dinas Perikanan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disprindakop) dinilai harus berperan dalam aspek pengelolaan dan industri yang berbasis sumber-sumber kelautan. Hal itu tentunya bisa dimaksimalakan dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

Untuk menunjang aktivitas nelayan, dua wilayah ini juga dinilai butuh sentuhan, seperti fasilitas air bersih dan juga listrik. Pengembangan perikanan tak terkecuali, perhatian serius apalagi di Desa Tanah Kuning tepatnya Mangkupadi terdapat pabrik es curah.

“Saya meminta kepada teman-teman yang ada di Dinas Perikanan tolong turun ke lapangan untuk melihat entah melalui UPT atau PPL yang ada disana untuk mencoba mengajak diskusi masyarakat, potensi-potensi apa saya yang bisa dikembangkan dalam rangka meningkatakan ekomoni warga sekitar,” tegasnya.

Sementara untuk penjualan hasil laut keluar negeri ia menegaskan seharusnya dievaluasi yakni dengan prosedur legal yang telah diatur pemerintah. (*)

Reporter : Ike Julianti

Editor : Rifat Munisa