Kaltara

Bulan Ini Harga Batu Bara Kembali Merosot

Tambang batu bara. (Foto: Dokumen/Koran Kaltara)
  • Kementerian ESDM Catat Penurunan Permintaan dari China

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam halaman resminya mencatat Harga Batubara Acuan (HBA) yang kembali merosot di Juni 2019 atau bulan ini. Dalam keterangan resminya, Kementerian ESDM mencatat HBA Juni di angka USD81,48 per ton. Atau turun USD0,38 per ton dari HBA Mei di angka USD81,86 per ton.

Mengacu data yang sama, Kepala Bidang Mineral dan Batu Bara pada Dinas ESDM Kalimantan Utara, Adi Hernadi menjelaskan, penurunan HBA masih dipengaruhi tren permintaan batu bara dari China yang tergolong rendah. Kondisi tersebut, kembali memberikan intervensi negatif terhadap harga batu bara di pasar global. Selain itu, menurunnya HBA juga dipengaruhi pasokan batu bara dari Rusia yang masuk Pasar Asia.

“Kondisi itu berdampak pada menurunnya HBA di Indonesia. Mau tidak mau imbasnya juga sampai ke Kaltara yang memiliki sumber daya alam batu bara ini. Tentu kita berharap agar segera stabil. Jadi tidak sampai membuat perusahaan di Kaltara menghentikan sementara kegiatan produksi mereka,” kata Adi kepada Koran Kaltara, Selasa (11/6/2019).

Berdasarkan analisa Koran Kaltara, tren penurunan yang terus terjadi membuat rata-rata HBA saat ini berada di angka USD89,01 per ton. Nilai ini berada di bawah rerata HBA di tahun 2018 sebesar USD98,96 per ton. Adapun dari catatan Koran Kaltara, anjloknya harga batu bara dimulai pada Bulan September 2018. Periode tersebut, HBA berada di angka USD104,81 per ton. Kemudian berlanjut di Bulan Oktober sebesar USD100,89 per ton, Bulan November sebesar USD97,90 per ton dan Bulan Desember sebesar USD92,51 per ton.(*)

Reporter : Agung Riyanto

Editor : Eddy Nugroho