Ekonomi Bisnis

Broadband Telkomsel Bantu Kenalkan Produk Lokal ke Internasional

Amplang Rumput Laut Karima Hardi, mengenalkan produk UKM lokal dan meningkatkan perekonomian melalui Broadband Telkomsel. (Foto : Istimewa)

NUNUKAN – Sebagai operator terbesar di Indonesia, Telkomsel sudah merambah hingga ke wilayah perbatasan. Salah satu tujuan Telkomsel menyentuh perbatasan, adalah untuk meningkatkan perekonomian seperti di Kabupaten Nunukan.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Nunukan, Irsan Humokor mengatakan peran Telkomsel di bidang UKM sangat luar biasa. Karena semua pemasaran kuliner dan produk UKM di Nunukan sudah banyak menggunakan aplikasi, salah satunya Nujek yang merupakan transportasi online, pengiriman barang, pesan antar makanan dan belanja harian.

“Hampir 85 pelaku usaha yang sudah bergabung di Nujek ini. Artinya kan peran Telkomsel ini untuk mewarnai para pelaku UKM itu. Adalagi pemasaran melalui online shop dan media sosial. Jaringan Telkomsel yang sangat baik kami terima, ini berdampak sekali untuk meningkatkan perekonomian di Nunukan,” tuturnya.

Sebenarnya, kata Irsan tidak hanya di UKM, tetapi hampir di semua lini dan semua sektor telekomunikasi yang ada di Nunukan. “Apalagi dengan adanya penambahan bandwidth, beberapa waktu lalu sudah sangat luar biasa membantu perekonomian di Nunukan,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan salah satu pelaku UKM di Nunukan, Karima Hardi yang memiliki produk amplang rumput laut. Ia memasarkan produknya ke luar kota Nunukan hingga lintas provinsi menggunakan media sosial. Bahkan, produknya ini sudah ikut dalam pameran Internasional di Tawau, Malaysia beberapa waktu lalu.
“Alhamdulilah, dengan layanan Telkomsel ini sangat membantu sekali. Pengenalan produk melalui internet, sangat diterima dengan baik hingga kemana-mana. Pemesan kami ada juga dari Riau. Kami jualan online, jadi bisa keluar daerah,” katanya.

Bahkan, ia kadang kewalahan melayani permintaan dari luar daerah seperti dari wilayah Sumatera dan Sulawesi hingga luar negeri, Malaysia. Dengan tingginya permintaan dari luar pulau dan luar negeri, diakuinya berarti tidak hanya produk lokal Nunukan yang diakui negara lain, tetapi juga membawa nama Indonesia.

“Kami memang produk lokal, tapi dengan adanya layanan Telkomsel yang baik di Nunukan ini, kami bisa mengenalkan produk hingga keluar negeri. Kami juga bangga bisa membawa nama Indonesia ke pameran Internasional, meskipun hanya produk lokal tapi sudah diakui negara lain,” tuturnya. (*/saf)