Kaltara

BPJPH Tetap Fasilitasi Pemohon Sertifikat Halal

Penjual Makanan – Tampak salah satu penjual makanan di Tanjung Selor. (Foto : Agung/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kalimantan Utara (Kaltara), tetap memfasilitasi permohonan pengurusan sertifikat halal dari pelaku usaha. Demikian dikonfirmasi Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kaltara, H. Suriansyah Hanafi, Selasa (24/3/2020).

Kepada Koran Kaltara, Suriansyah tidak menampik jika keberadaan BPJPH masih disokong penuh oleh Kanwil Kemenag Kaltara. Baik dari ruangan sekretariat dan juga sumber daya manusia (SDM) di dalamnya.

“Pada prinsipnya kita tetap stand by untuk memfasilitasi apabila ada masyarakat yang hendak mengurus sertifikasi halal itu. Untuk sekarang, ruangan pelayanan BPJPH memang digabung dengan Kemenag Kaltara. Kemudian, karena tidak ada personel, maka jajaran dari Kemenag yang kita bantukan, kita beri tugas tambahan. Satu orang sebagai Satgas dan dua orang sebagai pelaksana,” ujar Suriansyah.

Sampai dengan saat ini, Kemenag Kaltara memang hanya sebatas mengikuti perkembangan langkah Kemenag pusat dalam menyempurnakan keberadaan BPJPH. “BPJPH di pusat memang sedikit terkendala teknis. Tapi kita di daerah mengikuti saja bagaimana kebijakan dari sana. Secara garis besar, kita memang sangat mengharapkan peran aktif BPJPH segera terealisasi. Karena erat kaitannya dengan kesehatan kita dari makanan yang halal atau sesuai ketentuan agama islam,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenag sebelumnya telah menetapkan kewajiban sertifikasi halal bagi penyedia makanan dan minuman pada tanggal 17 Oktober 2019. Kebijakan ini, bertujuan untuk memberi rasa aman bagi umat muslim atas apa yang dikonsumsi.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH), leading sector pengurusan sertifikasi halal di daerah telah dialihkan. Yakni dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).(*)

Reporter: Agung Riyanto

Editor: Eddy Nugroho