Nunukan

Blangko e – KTP Terbatas, 1.851 Data PRR Belum Tercetak

Achmad

NUNUKAN, Koran Kaltara – Sebanyak 1.851 data perekaman masyarakat siap cetak atau Print Ready Record (PRR) belum tercetak. Hal ini disebabkan keterbatasan blangko e – KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nunukan.

Berdasarkan data Disdukcapil Nunukan pertanggal 17 Januari 2020, sisa blangko e – KTP sebanyak 725 buah. Sedangkan masyarakat Nunukan yang masuk dalam PRR mencapai 1.851 orang.

“Setiap hari ketersediaan blangko e – KTP terus berubah. Karena setiap hari Senin sampai Jumat, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasanya, ” jelas Kepala Disdukcapil Kabupaten Nunukan, Achmad saat ditemui Senin (20/1/2020).

Ia menegaskan, ketersediaan blangko e – KTP di Disdukcapil Nunukan ada saja, namun jumlahnya terbatas. Sehingga pelayanan e – KTP, diprioritaskan bagi warga yang masuk dalam PRR serta bagi warga yang KTP-nya rusak, tidak terbaca, mutasi, ganti status serta pindah alamat.

Sementara bagi warga yang memiliki KTP masa berlakunya sudah habis, tidak menjadi masalah, tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya. Akan tetapi, secara bertahap akan diganti apabila data PRR sudah tercetak.

“Kita meminta kepada yang bersangkutan untuk tetap menggunakan KTP lama,” ujar Achmad. (*)

Reporter: Sabri

Editor: Didik