Politik

Besok, Rekap Hasil Pemilu Kaltara

Suryanata Al-Islami
  • KPU: Tak Ada Gugatan, Penetapan Bisa Lebih Cepat

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah selesai melakukan pleno rekapitulasi penghitungan di tingkat kabupaten/kota). Mulai dari Kabupaten Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Kota Tarakan, telah melakukan pleno terbuka rekapitulasi penghitungan surat suara.

Sesuai dengan alur perhitungan dan rekap suara pada Pemilu Tahun 2019, setelah kabupaten/kota melaksanakan penghitungan, selanjutnya KPU Provinsi Kaltara menggelar pleno terbuka pula. Ketua KPU Kaltara Suryanata Al-Islami mengungkapkan, pihaknya telah menjadwalkan pleno yang akan diselenggarakan Rabu (8/5/2019) besok.

“Sudah kami jadwalkan, jika tak ada halangan pleno terbuka penghitungan surat suara tingkat provinsi  Kaltara diselenggarakan Rabu pagi Pukul 09.00 Wita. Tempatnya di Hotel Pangeran Khar, Tanjung Selor,” katanya kepada Koran Kaltara, Senin (6/5/2019).

Dari sisi persiapan, KPU telah menerima laporan hasil pleno dari kabupaten/kota yang akan disampaikan besok. Surya menyebutkan, sesuai aturan yang berlaku, pleno terbuka untuk umum dan dihadiri oleh pengawas (Bawaslu) dan saksi peserta pemilu. Selain itu, stake holder terkait juga diundang serta untuk dapat hadir.

Untuk diketahui, proses perhitungan secara berurutan dilakukan dari tingkat TPS setelah pemungutan suara (17/4/2019). Sebagaimana alur hitung yang telah disusun, waktu penghitungan dan pleno dimulai pada 17 – 18 April 2019 untuk tingkat TPS. Kemudian 18 April – 4 Mei 2019 di Kecamatan oleh PPK. 22 April – 7 Mei 2019 di Kabupaten/Kota oleh KPU dan 22 April – 12 Mei 2019 di Provinsi oleh KPU provinsi. Terakhir, 25 April – 22 Mei 2019 tingkat Nasional oleh KPU RI.

“Usai pleno kita di provinsi, selanjutnya hasil pleno nantinya akan diserahkan kepada KPU RI. Kemudian kami di KPU Kaltara menunggu panggilan kehadiran untuk pleno tingkat nasional,” sebutnya.

Adapun untuk urutan penghitungan pada pleno besok dimulai dari perhitungan suara untuk Presiden dan Wakil Presiden. Kemudian DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan terakhir DPRD kabupaten/kota.

Sementara itu, seperti pleno-pleno di daerah beberapa waktu lalu, ia berharap pleno tingkat provinsi juga berjalan lancar. Ia yakin, tahapan pemilu di provinsi termuda ini berjalan sesuai harapan atas kerjasama semua pihak. “Jika ke depan tidak ada gugatan hasil pemilu di Kaltara, maka penetapan bisa lebih cepat. Kami berharap apapun hasilnya, bisa diterima semua pihak dan pemilu di Kaltara berjalan sesuai yang kita semua cita-citakan,” tutupnya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Hariadi