Headline

Besok Pimpinan DPRD Kaltara Dilantik

Anggota DPRD Kaltara dikukuhkan awal bulan lalu. Dijadwalkan, pimpinan definitif bakal dilantik Jumat besok. (Foto: Fathu Rizqil Mufid)
  • Sanusi: Kita Sudah Koordinasi dengan Pengadilan Tinggi Kaltim

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Sebanyak 35 Anggota DPRD Kalimantan Utara (Kaltara) dilantik pada 4 September 2019 lalu. Para wakil rakyat hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tersebut diambil sumpah janji dan jabatannya oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Sutoyo. Di hari yang sama ditetapkan sebagai pimpinan sementara, masing-masing sebagai Ketua Sementara DPRD Norhayati Andris dari PDIP dan Wakil Ketua Sementara Yancong dari Gerindra.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, bahwa Pimpinan Sementara DPRD bertugas untuk memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan Fraksi, Memfasilitasi penyusunan rancangan Peraturan DPRD tentang Tata Tertib DPRD dan memproses penetapan pimpinan definitif.

Diketahui, sejumlah agenda tersebut telah dilaksanakan, termasuk pembentukan fraksi. Yakni, terdapat 6 fraksi di DPRD Kaltara yang terdiri dari 5 fraksi utuh dan 1 fraksi gabungan. Termasuk, pengumuman usulan pimpinan definitif juga telah dilaksanakan melalui paripurna pada Senin (23/9/2019) lalu. Melalui paripurna, Norhayati Andris (PDIP) kembali dipercaya untuk menjadi Ketua DPRD Kaltara periode 2019-2024 oleh PDIP. Adapun yang mendampinginya di posisi Wakil Ketua, yakni Andi Hamzah (Gerindra) dan Andi M Akbar (Hanura).

Setelah mengajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan keputusan, pada 7 Oktober 2019, telah diterbitkan SK Mendagri terkait pelantikan alias peresmian pengangkatan pimpinan DPRD definitif Provinsi Kaltara. Hal tersebut diakui oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltara, Sanusi kepada media, Rabu (9/10/2019).

“Iya, SK sudah keluar. Dengan demikian kita langsung siapkan untuk pelantikan melalui sekretariat dewan. Kami jadwalkan pelantikan pimpinan dewan ini pada Jumat (11/10) malam atau malam sabtu nanti,” kata Sanusi yang merangkap jabatan sebagai Plt Sekretaris DPRD Kaltara.

Adapun untuk tempat pelantikan, lanjutnya, di Kantor DPRD Kaltara yang sementara ini terletak di Jalan Kolonel Soetadji, Tanjung Selor. Pelantikan unsur pimpinan tetap tersebut berdasarkan Surat Ketua Sementara DPRD Kaltara Nomor 160/1073/DPRD/2019 tanggal 23 September 2019 perihal usulan Pimpinan Definitif DPRD Kaltara dan Berita Acara Rapat Paripurna Pengumuman Usulan Pimpinan Definitif DPRD Kaltara tanggal 23 September 2019. Kemudian Surat Gubernur Kaltara Nomor 161.2/1091/PUM/GUB tanggal 24 September 2019 perihal Pengusulan Peresmian Unsur Pimpinan Definitif DPRD Kaltara.

“Dengan diterbitkannya SK tersebut, kami langsung mengoordinasikan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim. Makanya dijadwalkan Jumat nanti, dan sejauh ini dari pihak pengadilan tinggi sudah siap,” sebutnya.

Sementara itu, setelah dilantiknya pimpinan tetap nantinya, menurut Sanusi kewenangan DPRD dapat berjalan. Apalagi diketahui, banyak agenda yang sudah harus dibahas oleh para penyambung lidah masyarakat tersebut. Termasuk masalah orientasi anggota dewan. “Untuk orientasi tetap di 25 sampai 28 (oktober). Yang jelas setelah dilantik, dewan sudah bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal nantinya,” pungkasnya. (*)

Reporter : Fathu Rizqil Mufid

Editor : Nurul Lamunsari