Politik

Berkas Dukungan Faridil – Masnur Dikembalikan KPU

Komisioner KPU Mahdi E. Paokuma (2-kanan) bersama komisioner lainnya saat menyampaikan teknis penerimaan berkas dukungan. (Foto: Rizqy/Koran Kaltara)
  • KPU Bulungan: Ada yang Selisih Harus Disinkronkan

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulungan Faridil Murad – Masnur Anwar sudah menyerahkan syarat dukungan perseorangan di Kantor KPU Bulungan, Kamis (20/2/2020). Berdasarkan formulir model B.2-KWK yang merupakan rekapitulasi jumlah dukungan perseorangan tercatat sebanyak 10.237 dukungan yang disampaikan.

Namun, saat KPU melakukan pengecekan terhadap ribuan dukungan yang diberikan, KPU menemukan adanya selisih antara formulir model B.1-KWK (surat/formulir  pernyataan dukungan) dengan B.1.1-KWK (rekapitulasi data dukungan).

Dengan demikian, Komisioner KPU Bulungan Divisi Teknis Penyelenggara, Mahdi Erijawa Paokuma mengatakan, syarat dukungan tersebut dikembalikan untuk perbaikan.

“Iya, kami kembalikan karena ada selisih B.1-KWK  dengan B.1.1-KWK. Supaya bisa diterima, itu harus diperbaiki dulu oleh bakal pasangan calon. Jadi harus konek untuk sinkronisasi antara formulir dukungan (B.1-KWK) dan rekap data dukungan (B.1.1-KWK) itu,” katanya kepada Koran Kaltara, Jumat (21/2/2020).

Untuk diketahui, dari jumlah minimal dukungan sesuai yang dipersyaratkan (minimal 9.564 dukungan), setidaknya sudah memenuhi. Bahkan, ia menguraikan, jumlah B.1-KWK dan B.1.1-KWK yang tidak selisih sebanyak 10.097 dukungan. Sedangkan selebihnya, terdapat selisih yang harus disinkronkan.

“Jadi yang tidak lengkap (selisih) formulir B.1-KWK yang dilampirkan KTP atau suket itu ada sebanyak 53 dukungan, sedangkan untuk B.1.1-KWK ada sebanyak 141. Nanti tergantung mereka, apakah mau ikut data yang mana. Bahkan mereka bisa menambah dukungan. Yang penting adalah, bagaimana itu bisa sinkron (sama),” bebernya.

Ditanya soal daerah sebaran, Mahdi menyebutkan juga sudah di atas batas minimal. Jadi, bakal pasangan calon hanya harus menyinkronkan selisih tersebut. Setelah itu diserahkan kembali ke KPU.

Jika sudah memenuhi semua ketentuan, maka akan diberikan tanda terima. “Untuk masa perbaikan itu sesuai dengan jadwal tahapan penyerahan berkas dukungan pada 23 Februari 2020, pukul 24.00 Wita,” sebut Mahdi.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Bulungan Syaifudin mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan. Termasuk memantau proses penyerahan berkas dukungan perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bulungan tahun ini.

“Kami terus mengawal KPU. Intinya jangan sampai ada yang dirugikan,” tegasnya. (*)

Reporter: Fathu Rizqil Mufid

Editor: Didik Eri Sukianto