Kaltara

Bawaslu Mulai Rekrut Calon PPL

Foto: Ilustrasi/Internet

TARAKAN, Koran Kaltara – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tarakan mulai melakukan perekrutan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL). Tenaga kontrak ini, dipersiapkan untuk melakukan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di setiap Kelurahan.

Kepala Bawaslu Tarakan Sulaiman menuturkan, pihak Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sudah menutup proses perpanjangan pendaftaran Kamis (20/2/2020). Selanjutnya, dalam waktu dekat Panwascam akan memutuskan siapa yang akan menjadi petugas lapangan.

Diakuinya, untuk pendaftar PPL di kecamatan sudah terpenuhi dan tinggal memutuskan petugas lapangan yang bisa menjadi pengawas di masing-masing tingkat kelurahannya. “Kriteria untuk PPL, berusia 25 tahun keatas. Tidak pernah ikut partai politik, meskipun pernah harus sudah tidak aktif minimal 5 tahun lalu dan itu ada pernyataan.
Intinya, mereka ini memiliki integritas, loyalitas tinggi dan bisa bekerja keras,” ujarnya, Jumat (21/2/2020).

Sulaiman menambahkan Bawaslu membutuhkan 20 PPL, sesuai jumlah kelurahan yang ada di Tarakan. Masa kerjanya, aktif di Maret atau April nanti. Dua bulan ini petugas lapangan akan dipersiapkan untuk pencocokan dan penelitian, syarat dukungan calon perseorangan Gubernur. “Tugas PPL ini, salah satunya untuk mengawasi verifikasi dukungan calon perseorangan dan pemutakhiran data,” kata dia.

Selain itu, kegiatan lainnya seperti tim yang melakukan pemetaan berkaitan demografi di Tarakan. Pemetaan geografis di Tarakan, juga menjadi tugas pekerjaan PPL. “Tapi, bekerjanya tetap dibawah Panwascam, kemudian bergerak di masing-masing kelurahan,” tandasnya. (*)

Reporter: Sahida

Editor: Eddy Nugroho