Hukum Kriminal

Bawa Senpi Rakitan, Perampok Tambak Diringkus Polisi

Kapolres AKBP Fillol Praja menunjukkan barang bukti senpi rakitan.

TARAKAN, Koran Kaltara – Perampok tambak berinisial Yus (39), warga Tarakan, berhasil diringkus jajaran Polairud Polres Tarakan. Dia ditangkap Senin (10/2) di kawasan pertambakan Tanjung Tiram.

Sebelumnya, Yus bersama tiga rekannya melakukan aksi perampokan di kawasan tersebut namun gagal karena mendapatkan perlawanan dari korban.

Kapolres Tarakan AKBP Fillol Praja mengungkapkan, tersangka melakukan aksinya dengan membawa senjata rakitan jenis laras panjang, mengancam dan memukul korban inisial MN.

“Tersangka mendobrak pintu, mengancam, dan memukul korban. Kemudian korban berhasil melepaskan diri dan melawan menggunakan parang,” ungkap Kapolres, Senin (17/2/2020).

Karena mendapatkan perlawanan, kawanan perampok kabur. Tiga orang menggunakan speedboat dan Yus loncat ke parit yang akhirnya tertangkap oleh jajaran Satpolirud Polres Tarakan bersama warga.

“Karena ditinggal temannya menggunakan speedboat, tersangka tidak bisa kemana-mana dan tidak jauh dari lokasi,” bebernya.

Dari pengakuan tersangka, dia sudah dua kali melakukan perampokan khusus tambak. Sementara senjata api rakitan dibelinya dari seseorang dengan harga Rp1 juta beserta 2 buah amunisi.

“Salah satu tersangka yang berhasil kabur mengalami luka, dan kami sudah tetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO), secepatnya akan kita tangkap,” tegas Kapolres. (*)

Reporter: Ariyanto
Editor: Didik