Kaltara

Ada Kabar Seleksi CPNS, Jasa Bimbel Siap Buka Kelas

Foto: Ilustrasi/Internet

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Penyedia jasa bimbingan belajar (bimbel) khusus untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai bersiap membuka kelas dalam waktu dekat ini. Animo masyarakat yang tinggi untuk menjadi abdi negara, dinilai menjadi faktor utama yang melatarbelakanginya.

Instruktur Smart Edu Bimbel, Hongky Budi Prastyo menyampaikan, pihakya dijadwalkan membuka kelas bimbingan pada Bulan November nanti. Secara teknis, pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari surat edaran (se) resmi yang telah beredar. “Insha Allah kita sudah buka kelas bulan November nanti,” kata Hongky saat dikonfirmasi Koran Kaltara, Rabu (9/10/2019).

Berkaca dari skema tes yang diprediksi akan keluar, pihaknya menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan prediksi  jenis soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang disampaikan pemerintah pusat.

Menurutnya, jenis soal HOTS memang cenderung berbeda dibandingkan dengan soal di seleksi tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, jenis soal tersebut tidak hanya menuntut kompetensi daya ingat dan pemahaman peserta tes saja. “Jenis soal HOTS ini lebih menguji daya analisa dan kemampuan dalam melakukan evaluasi. Baik di soal SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang),” kata Hongky.

Terkait dengan gambaran animo masyarakat nanti, Hongky menilai bahwa tingkat peminat bimbel tergolong besar. Terlebih abdi negara masih menjadi profesi yang dicita-citakan mayoritas usia angkatan kerja. “Kalau saya lihat yang minat menjadi PNS masih sangat besar. Potensi yang tidak lolos di tahun sebelumnya untuk ikut lagi juga begitu,” ujarnya.

Terkait waktu ideal untuk dikatakan siap menghadapi ujian, dikatakan Hongky memang setidakny dalam kurun waktu tiga bulan. Namun apabila waktu nanti tergolong tidak panjang, pihaknya akan memikirkan kembali strategi pembelajaran yang tepat dan efektif.  “Tiga bulan mulai memang idealnya sudah mulai belajar bagi yang memang serius ikut tes nanti,” tambah Hongky.

Berbicara tarif, Hongky setidaknya pada kelas bimbel sebelumnya mematok tarif Rp700 ribu untuk metode online dan Rp1 juta untuk tatap muka per peserta. “Kalau harga di awal 2019 kemarin memang tidak kami naikkan dari tahun sebelumnya,” tambahnya.

Terpisah, Pengelola Primagama Tanjung Selor, Tutur menyampaikan, pihaknya juga dijadwalkan kembali membuka jasa bimbel untuk seleksi CPNS 2019. Namun dirinya belum bisa memastikan terkait kelas tersebut di buka. “Insha Allah kami buka lagi. Ini masih dipersiapkan dulu semuanya,” kata Tutur.(*)

Reporter : Agung Riyanto

Editor : Eddy Nugroho