Bulungan

62,12 Persen Penduduk Gunakan Jaminan Kesehatan untuk Berobat

Foto: Dokumen Koran Kaltara

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Meski sesuai data di Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan tingkat kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) mencapai 90 persen lebih, berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS), masyarakat yang menggunakan jamina kesehatan untuk berobat hanya 62,12 persen. Selebihnya dengan biaya sendiri, tanpa tanggungan BPJS ataupun jaminan asuransi  lainnya.

Kepala BPS Bulungan Maibu Barwis Sugiarto mengatakan, sebesar 11,54 persen rata-rata penduduk Bulungan mengalami keluhan kesehatan dan merasa terganggu dalam aktivitas sehari-hari. Dari yang mengalami gangguan itu 62,12 persen di antaranya menggunakan jaminan kesehatan, untuk berobat jalan baik di rumah sakit, dokter prakterk, maupun Puskesmas.

Diungkapkan, gangguan penyakit yang sering dialami warga bermacam. Seperti panas, pilek, diare, pusing, sakit kepala, maupun karena penyakit akut, penyakit kronis, akibat kecelakaan, kriminalitas, atau keluhan lainnya.

“Rata-rata berobat jalan, yaitu memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan dengan mendatangi tempat-tempat pelayanan kesehatan modern atau tradisional tanpa menginap,” jelasnya.

Belum diketahui faktor penyebabnya, kenapa masyarakat tidak semua menggunakan fasilitas jaminan kesehatan untuk berobat. “Jika masyarakat banyak yang menggunakan jaminan kesehatan, tentunya hal tersebut sangat membantu.  Dan juga banyak sekali manfaat yang didapat jika masyarakat,” imbuhnya. (*)

Reporter : Ike Julianti
Editor : Eddy Nugroho