Kaltara

41 Peserta Gugur, Peserta SIP Sisakan 10 Orang

Dari 51 peserta ikuti TKM, 41 orang dinyatakan gugur dalam seleksi SIP di Polda Kaltara. (Foto : Ramlan/Koran Kaltara)

TANJUNG SELOR, Koran Kaltara – Dari 51 orang peserta seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) yang memasuki hingga tahap terakhir, tinggal menyisakan 10 orang yang dinyatakan lulus. Itu diketahui setelah adanya pengumuman yang dikeluarkan oleh Biro SDM Polda Kaltara terhadap peserta yang berhak untuk mengikuti pendidikan SIP.

“Yang dinyatakan lulus hanya 10 orang saja. Mereka semua itu dibagi dua kuota. Yang kuota reguler ada lima orang, sedangkan kuota khusus itu juga lima orang. Jadi dari 51 orang yang masuk ke tahap akhir, 41 orang harus gugur. Itu sudah sesuai dengan hasil tes terakhir yakni TKM (tes kompetensi manejerial),” kata Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit melalui Karo SDM, Kombes Pol I Wayan Gede Ardana, Jum’at (21/2/2020).

Wayan menjelaskan, 10 orang peserta yang tersisa itu nantinya akan mengikuti pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, Suka Bumi selama 7 bulan lamanya. Mereka nanti akan gabung dalam personel dari Polda lainnya dan tergabung dalam pendidikan SIP angkatan ke-49 tahun 2020. Setelah melalui tahap pendidikan itu, para personel nantinya akan dikembalikan ke Polda masing-masing.

Dikatakan, selama proses seleksi SIP ini, setiap tahap pasti ada yang dinyatakan gugur. Dari jumlah peserta awalnya yang sebanyak 95 orang, yang bisa maju hingga ke tahap TKM hanya sebanyak 51 orang. Para peserta banyak yang berguguran dalam tahap tes psikologi. Dalam sesi itu, sebanyak 36 peserta harus gugur dan hanya menyisakan 59 orang peserta. Namun saat memasuki tahap tes kesehatan, delapan orang gugur terpaksa gugur lantaran tak sesuai dengan ketentuan. (*)

Reporter: Ramlan

Editor: Eddy Nugroho