Nunukan

40 Siswa Dilantik Jadi Penegak Pramuka

Suasana pelantikan penegak pramuka di SMK Mutiara Bangsa Berbasis Pesantren, Sebatik, Jumat (21/2/2020) sore. (Asrin/Koran Kaltara)

NUNUKAN, Koran Kaltara – Sebanyak 40 peserta siswa kelas X tahun pelajaran 2019/2020 dilantik menjadi penegak pramuka di SMK Mutiara Bangsa Berbasis Pesantren, Sebatik, Jumat (21/2/2020) sore.

Dalam upacara pelantikan itu, Kepala Mabigus SMK Mutiara Bangsa Berbasis Pesantren Syamsidar S.Pd menjadi pembina upacara.

Menurut Syamsidar, pelantikan ini sudah sesuai Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib.

“Pelantikan penegak pramukan ini bertujuan untuk mengembangkan persaudaraan dan persatuan di kalangan pramuka penegak serta memberikan kegiatan bersifat kreatif, reaktif, inovatif dan produktif yang mengarah kemampuan untuk mandiri,” terangnya saat memberikan sambutannya, Jumat (21/2/2020).

Dia mengatakan, bahwa Gerakan Pramuka di Pesantren Mutiara Bangsa Sebatik berjalan sepanjang tahun dengan jadwal rutin, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan.

“Pesantren Mutiara Bangsa Sebatik yakin dengan Gerakan Pramuka, karena melalui Gerakan Pramuka ini, para santri dapat berlatih kepemimpinan dan pembentukan karakternya,” tambahnya.

Sementara itu, Pembina Pramuka Putra, Padly mengatakan bahwa prosesi pelantikan diawali dengan tanya jawab calon penegak. Dilanjutkan, pengucapan janji, dan penyematan pangkat penegak bantara. Lalu, ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari pembina upacara dan pembina Gugus Depan (Gudep).

“Sebenarnya, kalau kelas X ini jumlah ada 93 pelajar. Tapi yang ikut eskul pramuka dan dilantik hanya 40 pelajar saja,” kata dia.
Menurut dia, pramuka merupakan dunia bagi siapa saja yang mau berfikir kritis, berprestasi dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak. Pramuka, dari pertama berdiri hingga sekarang masih tetap eksis di jalur non formal, yang mengedepankan janji kehormatan dan moral.

“Pesan yang disampaikan dalam setiap materi kepramukaan dapat menyentuh dengan sikap serta karakter dalam kehidupan sehari-hari,” kata dia. (*)

Reporter: Asrin

Editor: Sobirin